Tips Makan Siang Sehat

Jam makan siang adalah waktu favorit yang ditunggu-tunggu Anda para pekerja, termasuk saya. Beruntung saya bisa makan siang gratis di kantin kantor, jadi tidak perlu repot berburu menu makan siang di warung.

Untuk membantu Anda memilih menu makan siang yang sehat dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, menurut HSPH Harvard idealnya makanan dalam piring Anda terdiri dari 4 bagian berikut:

 

  • Setengah bagian untuk sayuran dan buah-buahan.

Lebih banyak warna dan lebih bervariasi lebih baik. Kentang tidak termasuk dalam sayuran karena mengandung banyak karbohidrat yang akan mainingkatkan gula darah.Lonjakan zat gula ini dapat menyebabkan rasa lapar dan dalam jangka panjang akan mengakibatkan penyakit diabetes.

  • Seperempat bagian untuk bijian-bijian utuh.

Beras merah, beras coklat dan gandum utuh (whole wheat) merupakan pilihan yang lebih sehat karena lebih sedikit mengalami pemrosesan.

  • Seperempat bagian lagi untuk protein.

Pilih ikan, ayam atau telur karena mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung, mengonsumsi 1 butir telur per hari aman untuk kesehatan Anda. Alternatif lainnya adalah kacang-kacangan yang mengandung serat. Batasi daging merah (sapi atau kambing) dan hindari daging olahan (corned beef, nugget) karena meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar.

 

Supaya lebih sempurna, akhiri makan siang Anda dengan minum segelas air putih, sesekali bolehlah Anda minum secangkir teh atau kopi (dengan sedikit atau tanpa gula.)

Selamat menikmati makan siang hari ini!

 

Sumber: www.Lorco.co.id

 

By. Afian, Copywriter Lorco Menara Multimedia

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.