Cara Tepat Menangani Kecelakaan Hampir Tenggelam

“Hampir Tenggelam” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kasus-kasus di mana seseorang telah selamat setelah sesak napas yang disebabkan oleh perendaman dalam air. Dalam kebanyakan kasus, korban hampir tenggelam telah menghirup air ke dalam paru-parunya. Air di paru-paru, terutama air yang terkontaminasi oleh bakteri, alga, pasir, kotoran, bahan kimia, akan hampir selalu menyebabkan cedera paru-paru permanen.

Tanda-tanda Seseorang Hampir Tenggelam

Jika Anda belajar untuk mengenali seseorang yang hampir tenggelam, Anda mungkin akan menyelamatkan nyawa mereka. Gejala seseorang yang memiliki air dalam paru-paru mereka meliputi :

– Pucat, kulit dingin atau kulit yang berwarna kebiru-biruan

– Kesulitan bernapas

– Kebingungan, delusi, atau kesadaran menurun

– Batuk persisten

– Nadi yang tidak normal (baik terlalu lambat, terlalu cepat, atau tidak ada)

Pertolongan  untuk Orang yang hampir tenggelam

Waktu sangat penting bagi orang-orang yang hampir tenggelam. Jika Anda berpikir seseorang menderita hampir tenggelam, jangan ragu untuk memberikan bantuan. Mereka bisa mati jika mereka tidak diobati. Segera larika korban ke rumah sakit, bila memungkinkan gunakan ambulanm, dan bersiaplah untuk memberikan rincian kecelakaan.

Orang-orang yang hampir tenggelam kadang-kadang membutuhkan resusitasi segera. Pelajari CPR sehingga Anda siap untuk membantu korban hampir tenggelam. Semakin lama seseorang kekurangan oksigen, semakin besar kemungkinan kerusakan otak dan kematian. Ingat! Perlakuan atau tindakan CPR yang salah bisa jadi memperburuk keadaan korban.

Mencegah Kecelakaan Tenggelam

Semua kolam renang harus dipagari secukupnya, karena kolam renang adalah salah satu situs yang paling umum dari kecelakaan hampir tenggelam. Jika Anda pergi berenang, pergilah bersama teman atau anggota keluarga Anda. Jangan pernah terlibat dalam kegiatan air ketika Anda berada di bawah pengaruh alkohol atau obat penenang.

 Berikan perhatian khusus kepada anak-anak ketika mereka berada di atau dekat badan air, termasuk kolam renang dan bathtub. Anak-anak membutuhkan pengawasan lebih, terlepas dari apakah mereka menggunakan pelampung maupun tidak. Seorang anak bisa tenggelam hanya dalam beberapa inci air jadi selalu waspada untuk keselamatan mereka.

“Nah, Sobat Pro Safety. Apakah ada tips lain untuk membantu korban hampir tenggelam?”

Sumber: www.Lorco.co.id

By Inga Kananga, Online Media Administrator