Belajar Safety dari Kisah Superman

Saya suka serial Smallville, serial televisi yang mengisahkan masa muda Clark Kent (a.k.a Kal El alias Superman atau Superboy).

Smallville adalah kota di mana Superman kecil ditemukan oleh Jonathan Kent dan istrinya Martha Kent ketika peristiwa hujan meteor, kemudian beranjak remaja dan bertemu dengan Lana Lang, Pete Ross, Chloe Sullivan, dan Lex Luthor muda serta mengalami berbagai kejadian yang sangat memengaruhi kehidupannya, sebelum pindah ke kota Metropolis untuk berkarier sebagai seorang jurnalis. Smallville bisa dibilang kawah candradimuka bagi Clark Kent untuk menjadi superhero yang bertugas menyelamatkan dunia dari bahaya dan kejahatan.

 

Keluarga Superman yang mengerti safety

Kisah keluarga Kent mengajarkan banyak hal, salahsatunya adalah perilaku safety dalam kehidupan sehari-hari mereka dan ini membekas kuat dalam memori otak saya.

Di sebuah episode, saya melihat pak Jonathan Kent sedang menggiling batang jagung menggunakan mesin dan di kepalanya terpasang ear muff untuk melindungi pendengarannya. Dalam episode lain, bu Martha Kent menggergaji bongkahan kayu dengan mengunakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, berupa sarung tangan dan kacamata (safety gogles). Kemudian di tayangan episode lainnya, Clark Kent terlihat sedang memasang batang kayu ke tanah untuk dijadikan pagar dengan tangan kosong. Nah yang ini tidak perlu kita tiru, karena kita bukan Clark Kent yang punya kekuatan super.

Dari serial Smallville saya menangkap dua hal yang cukup menginspirasi saya sebagai praktisi komunikasi HSE:

Pertama, budaya safety sudah tertanam kuat di masyarakat Amerika. Bahkan seorang petani jagung pun sudah akrab dan terbiasa bekerja sesuai prosedur keselamatan kerja. Jauh panggang dari api jika dibandingkan dengan petani di Indonesia, pernahkah Anda melihat pekerja pertanian Indonesia yang menggunakan earmuff saat menggiling padi?

Kedua, industri film di Amerika sudah melek safety. Saya perhatikan, adegan di film menyesuaikan peraturan keselamatan yang berlaku, sepertinya si scriptwriter membaca referensi safety procedure untuk membuat skenarionya Selain itu, para pekerja film-nya pun mengerti dan mempraktekan safety first dalam bekerja. Satu lagi, sanksi yang ketat terhadap pelangaran peraturan keselamata kerja di industri film, seperti kasus kecelakaan yang terjadi saat pertunjukan Broadway Spider-Man Turn Off the Dark.”

 

Nah, itulah pelajaran yang saya dapatkan dari kisah Superman. Selain belajar bagaimana mengendalikan kekuatan yang kita miliki dengan baik dan bijak, saya juga belajar berperilaku safety di manapun dan kapan pun. Bagaimana dengan Anda?

Diolah dari berbagai sumber.

By Afiyan, Scriptwriter Safety Video Lorco Menara Multimedia

Sumber: www.Lorco.co.id

Terbaru !: GRATIS New Slide Book “7 Strategi Marketing untuk Promosi K3″, 
dengan 2 Ebook lainnya yaitu Ebook “Rencana Kampanye K3 Setahun +Template

Spreadsheet” & Ebook “Kampanye K3 Sukses 7 Perusahaan Juara Safety”,

Silahkan klik link nya di:

http://bit.ly/VNQeAc

Comments are closed.

  New Template
 
 
 

Gratis Ebook K3

Dapatkan segera 2 Ebook dan 1 Template Kampanye K3 dan Berlangganan Gratis Info dan Media Komunikasi K3 dengan hanya memasukan Nama dan alamat email Anda di bawah ini
Name:
Email Marketing by WP Autoresponder
Email Anda Kami Jaga Kerahasiaaannya

Computer Based Training (New)